Ekayati, Indira and Toaha, Aminah and Adib, Nino (2023) PENGARUH EDUKASI GIZI SEIMBANG MELALUI MEDIA VIDEO ANIMASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN POLA MAKAN REMAJA OVERWEIGHT DI SMPN 2 SAMARINDA. Jurnal Global Ilmiah, 9 (9). pp. 1-8. ISSN -
Text
Indira Ekayati.pdf Download (40MB) |
Abstract
Overweight merupakan masalah kesehatan yang sering dijumpai di seluruh dunia dan bisa dialami pada semua kalangan usia, akan tetapi umumnya dialami pada tahun pertama kehidupan dan usia anak sekolah. Berat badan berlebih (overweight) adalah berat badan yang melebihi normal, dengan standar deviasi IMT/umur >+1SD untuk usia 5-19 tahun dan status Indeks Massa Tubuh (IMT) >25 kg/m2 pada dewasa. Dampak dari overweight yaitu terjadinya kelebihan gizi yang merupakan salah satu faktor risiko Penyakit Tidak Menular (PTM), seperti Diabetes Mellitus, penyakit kardiovaskular, gangguan fungsi pernapasan, dan beberapa jenis kanker. Jenis penelitian ini adalah quasi experiment dengan menggunakan rancangan The Matching Only Pretest-Posttest Control Group Design. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi seimbang menggunakan media video animasi terhadap peningkatan pengetahuan dan pola makan remaja overweight di SMP Negeri 2 Samarinda. Hasil penelitiannya adalah Karakteristik responden penelitian pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 55,6% (10 responden) berjenis kelamin perempuan. Pada kelompok eksperimen sebesar 55,6% (10 responden) berumur 13 tahun dan pada kelompok kontrol sebesar 88,9% (16 responden) berumur 13 tahun. Kata Kunci: Gizi seimbang, video animasi, pola makan, remaja overweight
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | admin perpustakaan poltekkes kaltim |
Date Deposited: | 10 Oct 2023 01:12 |
Last Modified: | 10 Oct 2023 01:12 |
URI: | http://repository.poltekkes-kaltim.ac.id/id/eprint/2365 |
Actions (login required)
View Item |