Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Booklet Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Siswa Tentang Stunting di SMA Negeri 14 Samarinda

Herrawati, Yolanda Putri and Hendriani, Dwi and Chifdillah, Nino Adib (2024) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Media Booklet Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Siswa Tentang Stunting di SMA Negeri 14 Samarinda. Jurusan Promosi Kesehatan, Poltekkes Kemenkes Kaltim.

[img] Text
yolanda putri h (skripsi) (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendahuluan: Stunting adalah masalah kesehatan masyarakat global. Dampak negatif stunting terjadi pada berbagai aspek kehidupan. Persentase kasus stunting di kota Samarinda masih di atas 20%. Upaya pencegahan stunting idealnya diarahkan sejak masa remaja. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan kesehatan dengan media booklet terhadap pengetahuan dan sikap remaja tentang stunting pada siswa SMAN 14 Samarinda. Metode: Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dengan desain one group pretest posttest design. Sampel penelitian berjumlah 36 siswa kelas XI. Pengumpulan data melalui pengisian kuesioner. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan terjadi pertambahan jumlah siswa yang memiliki pengetahuan baik dan sikap positif tentang stunting dan pencegahannya. Analisis statistika menunjukkan bahwa ada pengaruh pendidikan kesehatan dengan media booklet terhadap pengetahuan (p-value = 0,000) dan sikap (p-value = 0,002) remaja tentang stunting. Kesimpulan: Kelompok remaja diharapakan meningkatkan pengetahuan tentang stunting dan berperilaku sehat dalam mencegah stunting sejak masa remaja. Kata kunci: Booklet, Pengetahuan, Sikap, Remaja, Stunting

Item Type: Other
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: admin perpustakaan poltekkes kaltim
Date Deposited: 08 Jan 2025 06:32
Last Modified: 08 Jan 2025 06:32
URI: http://repository.poltekkes-kaltim.ac.id/id/eprint/2414

Actions (login required)

View Item View Item