PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI GIZI DENGAN MEDIA BOOKLET TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI TENTANG ANEMIA DI SMPN 36 SAMARINDA

Nardyawati, Elly and Toaha, Aminah and Adib, Nino (2023) PENGARUH PEMBERIAN EDUKASI GIZI DENGAN MEDIA BOOKLET TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI TENTANG ANEMIA DI SMPN 36 SAMARINDA. Journal of Educational Analytics (JEDA), 2 (3). pp. 349-360. ISSN e-ISSN: 2830-0432

[img] Text
ELLY NARDYAWATI.pdf

Download (16MB)
Official URL: https://journal.formosapublisher.org/index.php/jed...

Abstract

Latar Belakang : Anemia adalah suatu keadaan jumlah sel darah merah atau kadar hemoglobin dalam sel darah merah berada di bawah batas normal. Berdasarkan hasil prevalensi anemia menurut WHO 2018 memprediksi sekitar 27% remaja putri di negara Indonesia menderita anemia. Prevalensi anemia pada remaja putri di Indonesia berdasarkan data Riskesdas 2018 yaitu sebesar 48,9%. Penyebab utama dari anemia gizi besi pada remaja adalah kurangnya asupan makanan sumber zat besi dan pengetahuan yang kurang tentang anemia pada remaja putri. Tingkat pengetahuan seseorang dapat mempengaruhi kejadian anemia pada remaja putri. Pengetahuan mengenai gizi telah terbukti berdampak positif dalam pemilihan makanan yang sehat. Sehingga dalam hal ini diperlukan edukasi gizi yang tepat agar perilaku yang dihasilkan oleh remaja adalah perilaku yang positif. Tujuan : Untuk mengetahui pengaruh pemberian edukasi gizi dengan media booklet terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap remaja putri tentang anemia di SMPN 36 Samarinda. Metode : Jenis penelitian ini adalah Eksperimen semu (Quasi Eksperiment). Dalam penelitian ini menggunakan pretest-posttest pada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik purposive sampling yang terdiri dari 36 responden. Teknik pengambilan data dilakukan dengan membagikan kuesioner kepada responden. Teknik analisis data meliputi analisis univariat dan analisis bivariat menggunakan uji Paired t-test dan Wilcoxon. Hasil : Terdapat perbedaan yang signifikan pada pengetahuan responden sesudah diberikan edukasi gizi pada kelompok eksperimen dengan p-value = 0,000 (p<0,05) namun tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada sikap responden sesudah diberikan edukasi gizi pada kelompok eksperimen dengan p-value = 0,277 (p<0,05). Terdapat perbedaan yang signifikan pada pengetahuan responden sesudah diberikan edukasi gizi pada kelompok kontrol dengan p-value = 0,002 (p<0,05) namun tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada sikap responden sesudah diberikan edukasi gizi pada kelompok kontrol dengan p-value = 0,104 (p<0,05). Terdapat perbedaan yang signifikan pada pengetahuan remaja putri sesudah diberikan edukasi gizi antara penggunaan media pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan p-value = 0,008 (p<0,05) dan tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada sikap remaja putri sesudah diberikan edukasi gizi antara penggunaan media pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan p-value = 0,291 (p<0,05). Kesimpulan : Terdapat pengaruh pemberian edukasi gizi dengan media booklet terhadap peningkatan pengetahuan namun tidak berpengaruh pada sikap responden. Kata Kunci : Remaja, Anemia, Pengetahuan, Sikap dan Edukasi Gizi

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: admin perpustakaan poltekkes kaltim
Date Deposited: 20 Sep 2023 02:29
Last Modified: 20 Sep 2023 02:29
URI: http://repository.poltekkes-kaltim.ac.id/id/eprint/2278

Actions (login required)

View Item View Item