PENGARUH PEMBERIAN KOMPRES HANGAT DAN KOMPRES DINGIN TERHADAP NYERI SENDI PADA LANSIA DI POSYANDU LANSIA WILAYAH KERJA PUSKESMAS LEMPAKE SAMARINDA TAHUN 2018

Cahyani, Putri Indah and Noorhidayah, Noorhidayah and Widiastuti, Hesti Prawita PENGARUH PEMBERIAN KOMPRES HANGAT DAN KOMPRES DINGIN TERHADAP NYERI SENDI PADA LANSIA DI POSYANDU LANSIA WILAYAH KERJA PUSKESMAS LEMPAKE SAMARINDA TAHUN 2018. Skripsi D-IV Keperawatan Samarinda, Perpustakaan Poltekkes Kemenkes Kaltim.

[img]
Preview
Text
Manuskrip Putri Indah Cahyani.pdf

Download (812kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Putri Indah Cahyani.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pendahuluan: Nyeri sendi merupakan keluhan yang paling sering dialami oleh lansia. Diperlukan penanganan baik secara farmakologi maupun nonfarmakologi untuk menurunkan nyeri sendi pada lansia. Salah satu terapi non farmakologi untuk mengurangi nyeri yaitu kompres, baik hangat maupun dingin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompres hangat dan kompres dingin terhadap nyeri sendi pada lansia. Metode: Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi experiment dengan pre and post test nonequivalent control group. Metode sampling yaitu non probability sampling dengan purposive sampling. Jumlah sampel pada masing-masing kelompok adalah 10 orang. Masing-masing intervensi dilakukan sebanyak 2 kali seminggu. Hasil: Dari uji hipotesis dengan Paired T-Test didapatkan hasil terdapat pengaruh kompres hangat terhadap penurunan nyeri dengan p value 0,000, sedangkan pada intervensi kompres dingin juga terdapat pengaruh terhadap penurunan nyeri dengan p value 0,000. Kesimpulan: Baik kompres hangat maupun kompres dingin, keduanya memiliki pengaruh yang bermakna terhadap penurunan nyeri. Namun menurut selisih rerata, kompres hangat dengan penurunan sebesar 2,45 lebih besar pengaruhnya dibandingkan kompres dingin yang hanya sebesar 0,90. Saran: Diharapkan untuk peneliti selanjutnya agar dapat menambahkan lebih banyak karakteristik responden yang sekiranya dapat mempengaruhi perubahan nyeri. Selain itu diharapkan peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian dengan waktu yang lebih lama. Kata Kunci: Kompres dingin, kompres hangat, nyeri sendi.

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: admin perpustakaan poltekkes kaltim
Date Deposited: 21 Apr 2020 05:29
Last Modified: 21 Apr 2020 05:29
URI: http://repository.poltekkes-kaltim.ac.id/id/eprint/798

Actions (login required)

View Item View Item