PENGARUH PENDIDIKAN P3K TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PETUGAS UKS TENTANG PENANGANAN AWAL FRAKTUR DI SMAN 2 SAMARINDA

Sholihin, Riyadlus and Jasmawati, Jasmawati and Mustaming, Mustaming (2017) PENGARUH PENDIDIKAN P3K TERHADAP PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN PETUGAS UKS TENTANG PENANGANAN AWAL FRAKTUR DI SMAN 2 SAMARINDA. Skripsi D-IV Keperawatan Samarinda, Perpustakaan Poltekkes Kemenkes kaltim.

[img]
Preview
Text
Manuskrip Riyadlush Sholihin.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: pendidikan adalah proses pembelajaran dengan menggunakan metode meningkatkan pengetahuan dan atau keterampilan. Sedangkan P3K adalah pertolongan sementara yang diberikan kepada seseorang yang kecelakaan sebelum mendapatkan pertolongan dari petugas kesehatan. Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikai tingkat pengetahuan dan keterampilan petugas UKS tentang penanganan awal fraktur. Desain: jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experimental dengan rancangan penelitian pre and post test without control. Dalam penelitian ini dilakukan pre test untuk mengetahui pengetahuan dan kemampuan petugas UKS dalam penangan awal fraktur sebelum dilakukan pendidikan P3K. Kemudian dilakukan pendidikan P3K terhadap petugas UKS. Lalu, dilakukan posttest untuk mengetahui seberapa jauh pengetahuan dan keterampilan setelah dilakukan pendidikan. Hasil: data hasil uji paired t-test setelah dilaksanakan pendidikan mengalami peningkatan dengan meningkatnya nilai mean untuk pengetahuan yang mengalami peningkatan dari 12,70 menjadi 18,52 dan nilai standar deviasi yang mengalami penurunan dari 2,183 menjadi 1,201. Untuk nilai korelasi adalah (0,029)2= 0,084%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan karena pengaruh pendidikan P3K tentang penanganan awal fraktur yakni sebesar 0,084%. Sedangkan untuk peningkatan karena faktor lain yaitu sebesar 99,915%. Sedangkan data keterampilan menunjukkan data hasil uji Wilcoxon test menunjukkan adanya pengaruh terhadap peningkatan keterampilan, hal ini dapat dilihat dari nilai p yaitu 0,001<0,05. Kesimpulan: ada pengaruh pelatihan terhadap peningkatan pengetahuan dan keterampilan petugas UKS tentang penanganan awal fraktur setelah dilakukan pendidikan P3K di SMAN 2 Samarinda. Kata kunci: pendidikan, P3K, patah tulang, pengetahuan, keterampilan

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: admin perpustakaan poltekkes kaltim
Date Deposited: 09 Apr 2020 07:12
Last Modified: 09 Apr 2020 07:12
URI: http://repository.poltekkes-kaltim.ac.id/id/eprint/758

Actions (login required)

View Item View Item