Cahyani, Audina Prisca and Virawati, Dini Indo and Satriani, Satriani Pengaruh Edukasi Gizi Seimbang Menggunakan Instagram Terhadap Perubahan Pengetahuan, Sikap, dan Tindakan Remaja di SMA Negeri 1 Tenggarong. Jurnal Pangan, Gizi dan Kesehatan. ISSN 2745-6536
Text
Audina Prisca Cahyani.pdf Download (4MB) |
Abstract
Remaja menjadi kelompok yang berpotensi mengalami obesitas. Masalah obesitas akan berakibat pada menurunnya derajat kesehatan dan produktifitas remaja. Kurangnya pengetahuan gizi menjadi salah satu penyebab obesitas sehingga intervensi dilakukan dengan cara pemberian edukasi agar dapat meningkatkan pengetahuan dan membawa perubahan positif terhadap sikap dan tindakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh edukasi gizi menggunakan Instagram terhadap pengetahuan, sikap, dan tindakan remaja di SMA Negeri 1 Tenggarong. Desain penelitian yang digunakan adalah Pre-Eksperimen Design dengan pendekatan One Group Pretest-Posttest Design. Responden dalam penelitian ini berjumlah 46 orang yang diberikan edukasi gizi melalui Instagram dalam bentuk infografis dan video sebanyak 2 hari sekali selama 18 hari. Penelitian dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tenggarong pada Mei 2024. Hasil analisis bivariat menggunakan uji Wicoxon dan Paired Sampel T-test menunjukkan adanya pengaruh signifikan intervensi pemberian edukasi gizi menggunakan Instagram terhadap pengetahuan (p=0,00), sikap (p=0,00), dan terhadap tindakan (p=0,00) remaja di SMA Negeri 1 Tenggarong. Dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan skor rata-rata pengetahuan, sikap, dan tindakan remaja sebagai pengaruh dari pemberian edukasi gizi menggunakan Instagram. Kata kunci: Edukasi Gizi, Pengetahuan, Sikap, Tindakan, Instagram
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine |
Depositing User: | admin perpustakaan poltekkes kaltim |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 06:14 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 06:14 |
URI: | http://repository.poltekkes-kaltim.ac.id/id/eprint/2629 |
Actions (login required)
View Item |