Hubungan Kepuasan Pasien Bpjs dan Non Bpjs terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Di Poli Ibu Hamil Puskesmas Temindung Kota Samarinda

Rahmaniah, Andi Hubungan Kepuasan Pasien Bpjs dan Non Bpjs terhadap Mutu Pelayanan Kesehatan Di Poli Ibu Hamil Puskesmas Temindung Kota Samarinda. Skripsi D-IV Kebidanan, Poltekkes Kemenkes Kaltim.

[img]
Preview
Text
manuskrip.doc.pdf - Published Version

Download (841kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ANDI R.pdf

Download (18MB) | Preview

Abstract

Intisari Latar belakang : berdasarkan survey di Puskesmas Temindung dari data kunjungan ibu hamil tahun 2017 yaitu 1.672 pasien, terdapat penurunan jumlah kunjungan ibu hamil, hal ini kemungkinan dipengaruhi oleh kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan kesehatan yang diberikan di Puskesmas. Tujuan penelitian untuk menganalisis hubungan kepuasan pasien BPJS dan non BPJS terhadap mutu pelayanan kesehatan di poli ibu hamil Puskesmas Temindung tahun 2019. Metode penelitian : jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan crossectional. Penelitian dilaksanakan pada bulan Maret-April 2019. Teknik pengambilan sampel dengan accidental sampling sebanyak 105 orang. Instrument penelitian yaitu kuesioner, data dianalisis secara univariat dan bivariat dengan uji chi-square taraf signifikan α 0,05 Hasil penelitian : dari 5 dimensi mutu ada empat yang memiliki penilaian baik dari pasien BPJS yaitu tangibles 53.9%, dimensi reability 53.9%, dimensi responsiveness 86.8 %, dan dimensi emphaty 100 %, sedangkan pasien non BPJS ada dua dimensi yaitu tangibles 51.7% dan responsiveness 51.7%. Hasil penelitian diperoleh terdapat hubungan yang signifikan antara kepuasan pasien BPJS terhadap mutu pelayanan kesehatan di poli ibu hamil puskesmas temindung (p value = 0.031) dan diperoleh hasil tidak ada hubungan yang signifikan antara kepuasan pasien Non BPJS terhadap mutu pelayanan kesehatan di poli ibu hamil puskesmas temindung (p value = 1.000). Kesimpulan dan saran : pasien BPJS puas terhadap mutu pelayanan (tangibles, reability, responsiveness, emphaty), sedangkan pasien non BPJS puas terhadap mutu pelayanan (tangibles dan responsiveness) yang diberikan dipuskesmas. Diharapkan pihak puskesmas dapat memfasilitasi petugas kesehatan dalam memberikan pelayanan yang baik dan optimal berdasarkan 5 mutu pelayanan kesehatan, sehingga memberikan kepuasan pada pasien. Keyword: kepuasan pasien BPJS & non BPJS, mutu pelayanan kesehatan

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: admin perpustakaan poltekkes kaltim
Date Deposited: 17 Jul 2019 07:34
Last Modified: 26 Nov 2019 08:41
URI: http://repository.poltekkes-kaltim.ac.id/id/eprint/232

Actions (login required)

View Item View Item