PENGARUH EDUKASI MENGENAI GASTRITIS DENGAN MEDIA LEMBAR BALIK TERHADAP FREKUENSI MAKAN IRITAN DAN TINGKAT STRES PADA REMAJA PENDERITA GASTRITIS DI SMAN 7 SAMARINDA

Usman, Muthmainnah Hasanuddin and Utami, Kurniati Dwi and Mustaming, Mustaming (2023) PENGARUH EDUKASI MENGENAI GASTRITIS DENGAN MEDIA LEMBAR BALIK TERHADAP FREKUENSI MAKAN IRITAN DAN TINGKAT STRES PADA REMAJA PENDERITA GASTRITIS DI SMAN 7 SAMARINDA. Journal of Educational Analytics (JEDA), 2 (3). pp. 375-388. ISSN e-ISSN : 2830-0432

[img] Text
Muthmainnah Hasanuddin Usman_P07223119077_Repisitory_PDF.pdf

Download (24MB)
Official URL: https://journal.formosapublisher.org/index.php/jed...

Abstract

Latar Belakang: Gastritis merupakan ketidak normalan pada saraf bagian mukosa sehingga terjadinyna peradangan yang biasa diderita oleh kalangan remaja. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan pada 141 remaja didapatkan 64 orang (45,39%) yang mengidap gastritis. Penyakit gastritis terjadi akibat pola makan yang tidak sehat seperti mengonsumsi makanan yang bergas, pedas, konsumsi kopi selain itu faktor stres individu juga penyebab terjadinya gastritis. Tujuan: Mengetahui pengaruh edukasi gizi dengan media lembar balik terhadap pola makan dan tingkat stres dan juga perbedaan kelompok edukasi dan kelompok tidak diberikan edukasi pada remaja penderita gastrtis di SMAN 7 Samarinda. Metode: Jenis penelitian Quasy experiment dengan pendekatan Non Equlvalent Control Grup Design yang melibatkan 50 remaja, dibagi menjadi 2 kelompok. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara menggunakan FFQ untuk pola makan dan kusioner untuk tingkat stress. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji wilcoxon untuk mengetahui pengaruh pemberian edukasi dan independen t test untuk membandingkan pengaruh 2 kelompok. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa media lembar balik berpengaruh dalam penurunan pola makan nilai p-value=0,000<0,05 dan penurunan tingkat stress nilai p-value=0,000<0,05. Hasil pada Pola Makan 0,000<0,05 yang berarti adanya perbedaan bermakna pengaruh yang signifikan pola makan pada kelompok ekperimen diabandingkan kelompok kontrol. Hasil pada tingkat stres 0,000<0,05 yang berarti adanya perbedaan pengaruh yang signifikan tingkat stres pada kelompok ekperimen dibandingkan kelompok kontrol. Kesimpulan: Edukasi gizi dengan media lembar balik, kelompok eksperimen berpengaruh dalam penerunan pola makan makanan iritatif dan tingkat stress dibandingkan dengan kelompok kontrol. Kata Kunci: Remaja, Edukasi, Pola Makan, Tingkat Stress, Lembar Balik

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: admin perpustakaan poltekkes kaltim
Date Deposited: 18 Sep 2023 03:34
Last Modified: 18 Sep 2023 03:34
URI: http://repository.poltekkes-kaltim.ac.id/id/eprint/2226

Actions (login required)

View Item View Item