HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III DI RSUD A. W. SJAHRANIE SAMARINDA

Agustina, Anis (2019) HUBUNGAN PERILAKU CARING PERAWAT DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP KELAS III DI RSUD A. W. SJAHRANIE SAMARINDA. Skripsi D-IV Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Kaltim.

[img]
Preview
Text
naskah publikasi aniss FIXX.pdf - Published Version

Download (538kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Anis Repository.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Latar belakang: Perilaku caring perawat merupakan inti atau fokus dalam keperawatan sebagai bentuk praktik keperawatan profesional dan perilaku caring merupakan salah satu indikator kepuasan klien. Berdasarkan laporan hasil survey IKM (Indeks Kepuasan Masyarakat) semester II tahun 2017 di Rumah Sakit A.W. Sjahranie Samarinda diruang rawat inap kelas III didapatkan pelayanan rawat inap pada ruang cempaka dan Bougenvil menunjukkan bahwa masyarakat merasa cukup puas terhadap pelayanannya, namun nilai IKM mengalami penurunan dari semester sebelumnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien rawat inap kelas III di RSUD A. W. Sjahranie Samarinda. Metode: Jenis penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi berjumlah 385 yang tersebar di 7 unit pelayanan. Sampel sebanyak 79 orang dengan purposive sampling. Perilaku caring perawat merupakan variabel bebas sedangkan kepuasan pasien rawat inap kelas III adalah variabel terikat. Pengumpulan data menggunakan kuesioner Caring Behavior Inventory (CBI) dan kuisioner Patient Satisfaction Questionnaire (PSQ). Kemudian data dianalisis menggunakan uji Chi Square Hasil Penelitian: Sebagian besar perawat berperilaku caring (53.2%) dan sebagaian besar pasien puas (51,9%). Berdasarkan uji Chi Square, didapatkan nilai p value=0,001. Hasil p value < 0,05 (Sig. 95%) maka Ho ditolak sehingga Ha diterima, sehingga ada hubungan antara perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien rawat inap kelas III di Rumah Sakit A.W. Sjahranie samarinda Kesimpulan: Terdapat hubungan yang signifikan antara perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien rawat inap kelas III di RSUD A. W. Sjahranie Samarinda. Dari hasil analisis didapatkan juga nilai OR sebesar 7,609 yang artinya perawat yang berperilaku caring akan menimbulkan kepuasan pasien 7,609 kali lebih besar dibandingkan dengan perawat yang berperilaku kurang caring. RSUD A.W. Sjahranie Samarinda diharapkan dapat terus meningkatkan pelayanan keperawatan yang optimal dan professional dengan menerapkan perilaku caring perawat sebagai landasannya dalam melakukan setiap tindakan praktik keperawatan. Seiring terus berjalannya perawat berperilaku caring kepada pasien, tingkat kepuasan pasien akan semakin baik dan positif. Sehingga nantinya tercipta mutu pelayanan yang terstandar dan terjamin pelayanannya. Kata Kunci: Caring Perawat, Kepuasan Pasien .

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: admin perpustakaan poltekkes kaltim
Date Deposited: 15 Jul 2019 07:11
Last Modified: 08 Jun 2020 01:46
URI: http://repository.poltekkes-kaltim.ac.id/id/eprint/192

Actions (login required)

View Item View Item