FAKTOR FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD ABDUL WAHAP SJAHRANIE SAMARINDA

Ngula, Mariana Oktaviane (2019) FAKTOR FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RSUD ABDUL WAHAP SJAHRANIE SAMARINDA. Skripsi D-IV Keperawatan, Poltekkes Kemenkes Kaltim.

[img]
Preview
Text
NASKAH PUBLIKASI MARY.pdf - Published Version

Download (491kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Mariana Repository.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pendahuluan : Kepuasan pasien merupakan salah satu indikator penting yang harus diperhatikan dalam pelayanan kesehatan. Mewujudkan kepuasan pasien terhadap pelayanan kesehatan tentunya mengacu pada berbagai factor. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor paling dominan yang berhubungan dengan kepuasan pasien rawat jalan di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda. Metode : Metode penelitian menggunakan deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Subyek penelitian sebanyak 67 responden pasien rawat jalan di RSUD Abdul Wahab Sjahranie dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Data dianalisa menggunakan uji Chi- Square dan uji Regresi Logistik Berganda. Hasil : Hasil analisis univariat bahwa pasien rawat jalan yang puas dengan pelayanan kesehatan 55 orang (82,1%) dan yang tidak puas 12 orang (17,9%). Hasil analisis bivariate menunjukan dari 8 ada 2 variabel yang memiliki hubungan bermakna dengan kepuasan pasien rawat jalan, yaitu : variabel assurance (p-value=0,033) dengan nilai OR=4,523 dan variabel responsiveness (p-value=0,048) dengan nilai OR=4,111. Hasil analisis multivariate didapatkan variabel assurance merupakan variabel paling dominan berhubungan dengan kepuasan pasien (p-value=0,039) dengan nilai OR=6,368. Kesimpulan : Faktor assurance merupakan faktor dominan yang berhubungan dengan kepuasan pasien rawat jalan. Sebaiknya manajemen rumah sakit, selalu meningkatkan mutu pelayanan sehingga terciptanya suatu kepuasan dan loyalitas dari pasien. Kata kunci : Faktor-faktor, kepuasan pasien, pelayanan kesehatan

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: admin perpustakaan poltekkes kaltim
Date Deposited: 12 Jul 2019 06:46
Last Modified: 08 Jun 2020 02:23
URI: http://repository.poltekkes-kaltim.ac.id/id/eprint/169

Actions (login required)

View Item View Item