EFEKTIVITAS PENYULUHAN METODE CERAMAH TERHADAP KEPATUHAN REMAJA AWAL DALAM MENGKONSUMSI TABLET TAMBAH DARAH DI SLTPN 5 BALIKPAPAN TAHUN 2020

Anggreani, Shinta and Mardiana, Nina and Setyawati, Ernani (2020) EFEKTIVITAS PENYULUHAN METODE CERAMAH TERHADAP KEPATUHAN REMAJA AWAL DALAM MENGKONSUMSI TABLET TAMBAH DARAH DI SLTPN 5 BALIKPAPAN TAHUN 2020. Skripsi STr Kebidanan Balikpapan, Poltekkes Kemenkes Kaltim.

[img]
Preview
Text
Manuskrip Shinta Anggreani PS.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Skripsi Shinta Anggreani PS.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

EFEKTIVITAS PENYULUHAN METODE CERAMAH TERHADAP KEPATUHAN REMAJA AWAL DALAM MENGKONSUMSI TABLET TAMBAH DARAH DI SLTPN 5 BALIKPAPAN TAHUN 2020 Shinta Anggreani 1*, Nina Mardiana 2, Ernani Setyawati 2 1.Mahasiswa jurusan kebidanan Balikpapan, Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur 2.Dosen jurusan kebidanan Poltekkes Kemenkes Kalimantan Timur *Penulis Korespondensi : Shinta Anggreani, Jurusan Kebidanan Prodi Sarjana Terapan Kebidanan Balikpapan, Politekhnik Kesehatan Kementrian Kesehatan Kalimantan Timur, Indonesia. E-mail : shintaanggreani86@gmail.com, Phone : +62-81334872295 Abstrak Latar belakang : Anemia gizi besi pada remaja yang masih belum tertangani dengan baik, berkontribusi besar terhadap angka kematian ibu. Hal ini didukung dengan pengetahuan remaja yang belum memadai. Metode ceramah mampu merubah perilaku kearah yang diharapkan sehingga remaja mengkonsumsi tablet tambah darah dengan tepat. Tujuan penelitian : Mengetahui efektifitas metode ceramah terhadap tingkat pengetahuan dan sikap remaja awal dalam mengkonsumsi Tablet Tambah Darah di SLTPN 5 Balikpapan. Desain penelitian : Desain Penelitian ini adalah one group time series pretest–Posttest design, Populasi adalah seluruh siswi Kelas 7 SLTPN 5 Balikpapan. Teknik pengambilan sampel dengan Purposive Sampling sebanyak 30 orang. Hasil Penelitian : Hasil penelitian ini diperoleh terdapat hubungan yang signifikan antara metode ceramah terhadap pengetahuan dan sikap remaja awal dalam mengkonsumsi tablet tambah darah (p-value pada tingkatan pengetahuan dan tingkatan sikap adalah 0,000 dan 0,000) dengan nilai ά = 0,05. Kesimpulan penelitian : Metode ceramah yang diberikan secara berulang menunjukkan kualifikasi yang baik secara statistik sehingga kepatuhan konsumsi tablet tambah darah tercapai. Kata Kunci : Metode ceramah, Remaja, Pengetahuan dan Sikap

Item Type: Other
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Medicine
Depositing User: admin perpustakaan poltekkes kaltim
Date Deposited: 14 Sep 2020 09:23
Last Modified: 14 Sep 2020 09:23
URI: http://repository.poltekkes-kaltim.ac.id/id/eprint/1023

Actions (login required)

View Item View Item